Friday, August 3, 2012

MAKALAH KIMIA "ASAM DAN BASA" KELAS XI IPA 1 SMAN 1 KETAPANG

BAB 1
PENDAHULUAN
A.           LATAR BELAKANG
Dalam kehidupan sehari – hari, senyawa asam dan basah dapatdengan mudah kita temukan. Mulai dari makanan, minuman, tubuh manusia, hewan hingga suku cadang kendaraan bermotor. Buah – buahan mengandung senyawa asam, contohnya, jeruk mengandung asam sitrat, tomat mengandung asam askorbat, apel mengandung asam malat, sedangkan anggur mengandung asam tartrat. Minuman ringan mengandung asam karbonat. Lambung manusia mengandung asam klorida yang berguna untuk  membunuh kuman dalam tubuh. Beberapa produk rumah tangga yang mengandung basa. Contohnya,sabun, deterjen, dan pembersih peralatan rumah tangga.
B.            TUJUAN
a.    Untuk mengetahui perbedaan asam dan basa
b.    Untuk mengetahui pengertian asam basah oleh beberapa tokoh
c.    Untuk mengetahui identifikasi asam basah dengan kertas lakmus
d.    Untuk mengetahui indikator asam basa
e.    Untuk menentukan asam dan basa
C.            RUMUSAN MASALAH
a.    Bagaimana perbedaan asam dan basah
b.    Bagaimana pengertian asam basah menurut beberapa tokoh
c.    Bagaimana identifikasi asam basah menggunakan kertas lakmus
d.    Bagaimana indikator asam basah









BAB 2
PEMBAHASAN
A.     PENGERTIAN ASAM DAN BASA
Asam dan basa merupakan zat kimia yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari – hari.
1.    Asam
Istilah asam (acid) berasal dari bahasa Latin “Acetum” yang berarti cuka, karena diketahui zat utama dalam cuka adalah asam asetat.secara umum asam yaitu zat yang berasa masam.
2.   Basa
Basa (alkali) berasal dari ahasa arabyang berarti abu. Secara umum basa yaitu zat yang berasa pahit bersifat kaustik.
B.      TEORI ASAM BASA MENURUT BEBERAPA TOKOH
1.   Teori Asam dan basa menurut Svante Arrhenius
Arrhenius menyatakan mulekul – mulekul zat elektrolit selalu menshasilkan ion – ion positif dan negatif jika dilarutkan dalam air. Pada tahun 1984 Ilmuan Swedia, Svante Arrhenius mengemukakan pengertian asam – asam berdasarkan reaksi ionisasi. Menurut Arrhenius, asam merupakan zat yang jika dilarutkan dalam air menghasilkan ion . Adapun basa merupakan zat yang jika dilarutkan dalam air akan menghasilkan ion .
Contoh senyawa Asam – Basa menurut Svante Arrhenius
Senyawa
Contoh
Reaksi Ionisasi
Asam
HCL (Asam Klorida)
HCL (aq)         (aq) + (aq)
HBr (Asam Bromina)
HBr (aq)         (aq) + (aq)
HI (Asam Iodida)
HI (aq)           (aq) + (aq)
HF (Asam Fluorida)
HF (aq)           (aq) +(aq)
S (Asam Asetat)
S (aq)           (aq) +(aq)
Basa
NaOH (Natrium Hidroksida)
NaOH (aq)          (aq) +(aq)
KOH (Kalium Hidroksida)
KOH (aq)          (aq) +(aq)
Mg(Magnesium Klorida)
Mg          (aq) +(aq)
 (Kalium  Hidroksida)
           (aq) +(aq)
Al(Aluminium Hidroksida)
Al          (aq) +(aq)

       untuk asam – asam yang tiap molekulnya dapat menghasilkan lebih darisatu ion   dikelompokkan kedalam asam poliprotik.
Contoh :
a.    Asam sulfat dalam  air
S(aq)        (aq) + (aq)
 (aq)        (aq) + (aq)
tu molekul asam ini dapat menghasilkan 2 ion . Karena itu, asam sulfat digolongkan dalm asam diprotik.
b.    Asam fosfat dalam air
     P(aq)        (aq) + (aq)
      (aq)        (aq) + (aq)
      (aq)         (aq) + (aq)
          Satu molekul asam ini dapat menghasilkan 3 ion . Karena itu asam fosfat digolongkan dalam asam Triprotik.
Jika tiap molekul asam hanya dapat memberikan satu ion , maka asam itu disebut asam monoksida

Contoh :
a.    Asam bromida dalam air
HBr (aq)         (aq) + (aq)

b.    Asam Nitrat dalam air
                    (aq)        (aq) + (aq)

Dalam pelarut air, basa dapat menghasilkan ion hidroksida, , baik secara langsung maupun tidak langsung ketika bereaksi dalam air

Contoh:        NaOH dalam air
                   NaOH (aq)          (aq) +(aq)




2.       Teori Asam dan Basa menurut Bronsted-Lowry
Pada tahun 1923, ilmwuan Denmark Johannes Bronsted dan Ilmuwan Inggris Thomas Lowry mengemukakan teori asam dan basah berdasarkan serah terima proton.
       Teori
·         Asam adalah donor proton (ion hidrogen).
·         Basa adalah akseptor proton (ion hidrogen).


Pengertian asam dan basa yang dikemukakan oleh Bronsted – Lowry  memperbaiki kelemahan teori asam – basa  Arrhenius. Pengertian asam – basa Arrhenius hanya berlaku untuk senyawa yang larut dalam pelarut air karena reaksi ionisasi yang menghasilkan ion  dan ion  hanya terjadi dalam pelarut air.
Dalam suatu persamaan reaksi asam – basa berdasarkan teori Bronsted – Lowry, suatu asam dan basa masing – masing mempunyai pasangan. Pasangan asam disebut basa konjugasi sedangkan pasangan basa disebut asam konjugasi.
         
 donor asam        akseptor basa      donor asam    akseptorbasa
          AH           +            B                                       +               
                            
                             Pasangan asam dan basa konjugasi


 


Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam asam basa konjugasi:
a.    Molekul atau ion yang membentuk pasangan asam basa harus berbeda hanya satu ion . Dalam suatu apsangan, asam selalu memilki kelebihan satu ion  dari basa.
b.    Asam konjugasi dapat dicari dengan cara menambahkan satu ion pada zat tersebut, sedangkan basa konjugasi dapat dicari dengan menghilangkan satu ion  pada zat tersebut.
c.    Molekul atau ion yang mengandung atom H serta atom yang memiliki pasangan elektron bebas  dapat bersifat asam (memberikan ion) dan bersifat basa (menerima ion 0) zat semacam ini disebut amfibrotik atu amfoter


Keunggulan asam – basa menurut Bronsted – Lowry:
a.    Konsep asam – basa menurut Bronsted –Lowry tidak terbatas dalam pelarut air, tetapi juga menjelaskan reaksi asam – basa dalm pelarut lain atau bahkan reaksi tanpa pelarut.
b.    Asam dan basa dari Bronsted – Lowry tidak hanya berupa molekul, tetapi dapat juga berupa kantion atu anion. Konsep asam dan basa dari Bronsted – Lowry dapat menjelaskan sifat asam suatu senyawa.
Berdasarkan  uraian diatas, kita mengetahui bahwa teori asam basa Bronsted – Lowry dapat melengkapi teori asam basa Arrhenius. Namun demkian perkembangan teori asam basa masih berlangjut. Pada tahun 1923, G.N. Lewis mengajukan teori asam basa yang lebih luas lagi.
Hubungan antara teori Bronsted-Lowry dan teori Arrhenius
Teori Bronsted-Lowry tidak berlawanan dengan teori Arrhenius – Teori Bronsted-Lowry merupakan perluasan teori Arrhenius. Ion hidroksida tetap berlaku sebagai basa karena ion hidroksida menerima ion hidrogen dari asam dan membentuk air. Asam menghasilkan ion hidrogen dalam larutan karena asam bereaksi dengan molekul air melalui pemberian sebuah proton pada molekul air. Ketika gas hidrogen klorida dilarutkan dalam air untuk menghasilkan asam hidroklorida, molekul hidrogen klorida memberikan sebuah proton (sebuah ion hidrogen) ke molekul air. Ikatan koordinasi (kovalen dativ) terbentuk antara satu pasangan mandiri pada oksigen dan hidrogen dari HCl. Menghasilkan ion hidroksonium, H3O+.
http://www.chem-is-try.org/wp-content/migrated_images/kfisika/h2ohcldiag.gif
http://www.chem-is-try.org/wp-content/migrated_images/kfisika/padding.gifhttp://www.chem-is-try.org/wp-content/migrated_images/kfisika/h2ohcleq.gif
Ketika asam yang terdapat dalam larutan bereaksi dengan basa, yang berfungsi sebagai asam sebenarnya adalah ion hidroksonium. Sebagai contoh, proton ditransferkan dari ion hidroksonium ke ion hidroksida untuk mendapatkan air.
http://www.chem-is-try.org/wp-content/migrated_images/kfisika/padding.gifhttp://www.chem-is-try.org/wp-content/migrated_images/kfisika/neutralise2.gif
Tampilan elektron terluar, tetapi mengabaikan elektron pada bagian yang lebih dalam:
http://www.chem-is-try.org/wp-content/migrated_images/kfisika/h3oohdiag.gif
Adalah sesuatu hal yang penting untuk mengatakan bahwa meskipun anda berbicara tentang ion hidrogen dalam suatu larutan, H+(aq), sebenarnya anda sedang membicarakan ion hidroksonium.
Permasalahan hidrogen klorida / amonia
Hal ini bukanlah suatu masalah yang berlarut-larut dengan menggunakan teori Bronsted-Lowry. Apakah anda sedang membicarakan mengenai reaksi pada keadaan larutan ataupun pada keadaan gas, amonia adalah basa karena amonia menerima sebuah proton (sebuah ion hidrogen). Hidrogen menjadi tertarik ke pasangan mandiri pada nitrogen yang terdapat pada amonia melalui sebuah ikatan koordinasi.
Jika amonia berada dalam larutan, amonia menerima sebuah proton dari ion hidroksonium:
http://www.chem-is-try.org/wp-content/migrated_images/kfisika/padding.gifhttp://www.chem-is-try.org/wp-content/migrated_images/kfisika/nh3h3oeqn.gif
Jika reaksi terjadi pada keadaan gas, amonia menerima sebuah proton secara langsung dari hidrogen klorida:
http://www.chem-is-try.org/wp-content/migrated_images/kfisika/padding.gifhttp://www.chem-is-try.org/wp-content/migrated_images/kfisika/nh3hclg2.gif
Cara yang lain, amonia berlaku sebagai basa melalui penerimaan sebuah ion hidrogen dari asam.
Pasangan konjugasi
Ketika hidrogen klorida dilarutkan dalam air, hampir 100% hidrogen klorida bereaksi dengan air menghasilkan ion hidroksonium dan ion klorida. Hidrogen klorida adalah asam kuat, dan kita cenderung menuliskannya dalam reaksi satu arah:
http://www.chem-is-try.org/wp-content/migrated_images/kfisika/padding.gifhttp://www.chem-is-try.org/wp-content/migrated_images/kfisika/h2ohcleq.gif
Pada faktanya, reaksi antara HCl dan air adalah reversibel, tetapi hanya sampai pada tingkatan yang sangat kecil. Supaya menjadi bentuk yang lebih umum, asam dituliskan dengan HA, dan reaksi berlangsung reversibel.
http://www.chem-is-try.org/wp-content/migrated_images/kfisika/padding.gifhttp://www.chem-is-try.org/wp-content/migrated_images/kfisika/hah2oeqm.gif

Perhatikan reaksi ke arah depan:
·         HA adalah asam karena HA mendonasikan sebuah proton (ion hidrogen) ke air.
·         Air adalah basa karena air menerima sebuah proton dari HA.
Akan tetapi ada juga reaksi kebalikan antara ion hidroksonium dan ion A-:
·         H3O+ adalah asam karena H3O+ mendonasikan sebuah proton (ion hidrogen) ke ion A-.
·         Ion A- adalah basa karena A- menerima sebuah proton dari H3O+.
3. Teori asam dan basa menurut Lewis
Diketahui sesuai konsep asam dan basa lewis, Asam Lewis merupakan senyawa yang mampu menerima sepasang elektron bebas atau akseptor elektron, sedangkan Basa Lewis merupakan senyawa yang mampu memberikan sepasang elektron bebas atau donor elektron. Namun jika kita dihadapkan pada suatu basa atau asam yang memiliki ciri-ciri yang sama maka kita dapat menentukan yang mana yang lebih memiliki tingkat keasaman atau kebasaan yang lebih tinggi dibandingkan yang lain, yaitu dengan mereaksikannya dengan asam atau basa tertentu.
http://marisemangat.files.wordpress.com/2010/12/121610_1752_kekuatanasa14.png?w=595
Sebagai contoh (CH3)3N:, (CH3)3P:, (CH3)3As:, (CH3)3Sb:, (CH3)3Bi:.  Kelima senyawa tersebut termasuk kedalam basa lewis karena memiliki sepasang elektron bebas, namun yang mana dari basa-basa tersebut yang lebih tinggi kekuatan basanya? Jika kita mereaksikan basa-basa tersebut dengan suatu H+, maka manakah yang akan memiliki ikatan yang paling kuat?
H+ merupakan asam, ion hidrogen, yang tidak memiliki satu elektron pun dalam orbitalnya, dan memiliki ukuran yang sangat kecil. Jika ion hidrogen ini berikatan dengan suatu basa, maka agar overlapped orbital yang terbentuk efektif diperlukan ukuran atom donor dari basa yang kecil pula. Jika H+ ini berikatan dengan basa yang memiliki ukuran atom donor yang besar maka overlapped orbital yang terbentuk kurang efektif (dibolak-balik aja kata2 gw). Sekarang kita lihat ke basanya, dari kelima basa tersebut semakin ke kanan dalam urutan di atas, ukuran atom donornya semakin besar sehingga (CH3)3N: akan memiliki overlap orbital yang paling efektif dibanding yang lainnya, kemudian berturut-turut sesuai ukuran atom donornya. Maka urutan basa yang paling kuat dari basa-basa tersebut {(CH3)3N, (CH3)3P, (CH3)3As, (CH3)3Sb, (CH3)3Bi} adalah
(CH3)3N: > (CH3)3P: > (CH3)3As: > (CH3)3Sb: > (CH3)3Bi:
Nah itu jika susunan basa-basa nya memiliki gugus yang sama dan atom donor yang berbeda. Namun bagaimana jika kita dihadapkan pada susunan basa yang perbedaanya terletak pada atom-atom/ gugus-gugus yang terikat pada atom donor yang sama?? Contohnya (CH3)3N:, H3N:, F3N:. Mudah saja!! Ketiga basa ini juga kita misalkan bereaksi dengan H+, maka basa yang akan berikatan kuat dengan H+ adalah basa yang atom donornya memberikan dorongan elektron yang kuat kepada H+ atau basa yang memiliki kerapatan elektron yang besar pada atom donor. Perbedaan yang nyata pada ketiga basa ini adalah gugus atau atom yang terikat pada atom donornya. Semakin elektronegatif suatu gugus atau atom yang terikat pada atom donor maka akan menyebabkan elektron bebas pada atom donornya akan tertarik kearah atom tersebut lebih besar sehingga menyebabkan dorongan elektron untuk berikatan dengan H+ berkurang (kerapatan elektron atom donor berkurang). Atau kita mengenal istilah efek induksi positif yang jika saya artikan kemampuan atom/gugus yang terikat pada atom donor dalam memberikan pengaruh positif pada atom donornya. Jika efek induksi positif dari atom/gugus yang terikat besar maka akan menyebabkan dorongan positif ke arah atom donor sehingga elektron bebas pada atom donornya kini memiliki kerapatan elektron yang lebih besar. Maka urutan basa yang paling kuat dari basa-basa tersebut {(CH3)3N, NH3:, NF3:} adalah
(CH3)3N: > H3N: > F3N:
http://marisemangat.files.wordpress.com/2010/12/121610_1752_kekuatanasa32.png?w=595
Keungulan konsep asam – basa Lewis:
Keunggulan asam basa Lewis dibandigkan konsep asam – basa Arrhenius dan Bronsted – Lowry adalah dapat menjelaskan reaksi asam dan basa tanpa melibatkan proton (ion ). Selain itu, teori asam basa Lewis dapat menjelaskan asam basa yang berlangsung dalam pelarut air, pelarut bukan air, dan tanpa pelarut sama sekali. Lebih luas lagi, teory Lewis juga dapat menjelaskan reaksi- reaksi, seperti pembentukan ion logam, kompleks dan reaksi organik.
Hubungan antara teori Lewis dan teori Bronsted-Lowry
Basa Lewis
Hal yang paling mudah untuk melihat hubungan tersebut adalah dengan meninjau dengan tepat mengenai basa Bronsted-Lowry ketika basa Bronsted-Lowry menerima ion hidrogen. Tiga basa Bronsted-Lowry dapat kita lihat pada ion hidroksida, amonia dan air, dan ketianya bersifat khas.
http://www.chem-is-try.org/wp-content/migrated_images/kfisika/lewisbases.gif 

Teori Bronsted-Lowry mengatakan bahwa ketiganya berperilaku sebagai basa karena ketiganya bergabung dengan ion hidrogen. Alasan ketiganya bergabung dengan ion hidrigen adalah karena ketiganya memiliki pasangan elektron mandiri – seperti yang dikatakan oleh Teori Lewis. Keduanya konsisten.
Pada teori Lewis, tiap reaksi yang menggunakan amonia dan air menggunakan pasangan elektron mandiri-nya untuk membentuk ikatan koordinasi yang akan terhitung selama keduanya berperilaku sebagai basa.
Berikut ini reaksi yang akan anda temukan pada halaman yang berhubungan dengan ikatan koordinasi. Amonia bereaksi dengan BF3 melalui penggunaan pasangan elektron mandiri yang dimilikinya untuk membentuk ikatan koordinasi dengan orbital kosong pada boron.
http://www.chem-is-try.org/wp-content/migrated_images/kfisika/nh3bf3diag.gif

Sepanjang menyangkut amonia, amonia menjadi sama persis seperti ketika amonia bereaksi dengan sebuah ion hidrogen – amonia menggunakan pasangan elektron mandiri-nya untuk membentuk ikatan koordinasi. Jika anda memperlakukannya sebagai basa pada suatu kasus, hal ini akan berlaku juga pada kasus yang lain.
Asam Lewis
Asam Lewis adalah akseptor pasangan elektron. Pada contoh sebelumnya, BF3 berperilaku sebagai asam Lewis melalui penerimaan pasangan elektron mandiri milik nitrogen. Pada teori Bronsted-Lowry, BF3 tidak sedikitpun disinggung menganai keasamannya. Inilah tambahan mengenai istilah asam dari pengertian yang sudah biasa digunakan.
C.     IDENTIFIKASI ASAM – BASA
Senyawa asam dapat dibedakan dari senyawa basa, salah satunya dengan mencicipi rasanya. Namun, tidak semua zat dapat di identifikasi dengan cara itu. Senyawa – senyawa asam-basa dapat diidentifikasi secara aman dengan menggunakan indikator. Indikator merupakan zat warna yang warnanya berbeda jika berada dalam kondisi asam dan basa. Indikator yang dapat digunakan adalah kertas lakmus, indikator asam – basa dan indikator alami.
1.    Mengidentifikasi asam – basa dengan kertas lakmus
Senyawa sam – basa dapat diidentifikasi menggunakan kertas lakmus dengan cara mengamati perubahan warna kertas lakmus ketika bereaksi dengan larutan. Ada dua macam kertas lakmus yaitu kertas lakmus merah dan kertas lakmus biru.
Ketika dicelupkan dalam larutan asam dan larutan basa, kertas lakmus merah dan lakmus biru akan menghasilkan perubahan warna yang berbeda. Larutan yang bersifat asam adalah air jeruk dan larutan cuka, sedangkan larutan yang bersifat basa adalah air sabun dan larutan soda kue.
          Kertas lakmus merah yang dicelupkan dalam larutan asam tidak akan berubah warna, jika kertas tersebut dicelupkan pada larutan basa akan berubah warna menjadi biru. Sebaliknya, jika kertas lakmus biru yang dicelupkan kelarutan asam, lakmus akan berubah menjadi merah. Adapaun jika dicelupkan kelarutan basa, warnanya tetap biru.
2.  Mengidentifikasi asam – basa dengan indikator asam – basa
Selain kertas lakmus, kita juga dapat menggunakan indikator asam – basa untuk membedakan asam dan basa. Indikator asm – basa adalah zat kimia yang mempunyai warna yang berbeda dalam larutan asam dan basa. Sifat itulah yang menyebabkan indikator asam – basa dapat digunakan untuk mengidentifikasi sifat asam dan basa. Ada beberapa jenis indikator asam – basa diantaranya fenolftalein, metil orange, bromotimul biru, metil ungu, bromokresol ungu, fenol merah, timolftalein dan metil orange.
Indikator asam - basa
Warna yang dihasilkan
Larutan asam
Larutan basa
fenolftalein
Bening
Merah muda
Metil oranye
Merah
Kuning
Bromotimol biru
Kuning
Biru
Metil ungu
Ungu
Hijau
Bromokresol ungu
Kuning
Ungu
Fenol merah
Kuning
Merah
Timolftalien
Bening
Biru
Metil oranye
Merah
Kuning







Jika kita meneteskan larutan asam – basa kedalam larutan tersebut, kita akan melihat perubahan warna larutan indikator. Perhatikan tabel berikut:
3. Mengidentifikasi Asam–Basa dengan indikator alami
Selain indikator buatan, kamu juga dapat mengidentifikasi senyawa asam dan basa menggunakan indikator alami. Indikator tersebut dapat dibuat dari bumbu dapur, bunga dan buah – buahan.
D.     KEKUATAN ASAM DAN BASA
Senyawa asam – basa dapat  dikelompokkan berdasarkan kekuatannya yaitu:
1.   Asam dan basa kuat
Asam atau basa yang sebagian besaratau seluruhnya terurai menjadi ion – ionnya merupakan asam kuat atu basa kuat
Contoh:
a.    Asam klorida (HCL) merupakan asm kuat yang terionisasi seluruhnya menjadi ion – ion  dan .
HCL(aq)            (aq) + (aq)

b.    Natrium hidroksida(NaOH) merupakan basa kuat yang akan terionisasi seluruhnya menjadi ion – ion  dan
      NaOH(aq)            (aq) + (aq)
pH asam kuat  dan basa kuat dapat ditentukan jika konsentrasinya diketahui:
[] =  x valensi asam
                             [] =  x valensi basa

2. Asam lemah dan basa lemah
Jika hanya sebagian kecil saja asam atau basa yang terurai menjadi ion – ionnya, maka merupakan asam lemah atau basa lemah.
a.  Asam lemah
Untuk asam lemah HA kesetimbangan reaksinya adalah:
HA(aq)           (aq) + (aq)
               Dan ketetapan ionisasi asamnya () adalah:
                                      [] + [A]
                              = ─────────
                                        [HA]
Semakin besar nilai tetapan ionisasi asamnya, berarti semakin banyak ion  yang dihasilkan, dan semakin kuat asam tersebut.
Harga tetapan ionisasi beberapa asam
Asam
Rumus kimia
COOH
Asam asetat
1,8 x
HCOOH
Asam format
1,8 x
HCN
Asam sianida
4,9 x

b.  Basa lemah
Untuk basa lemah BOH, kesetimbangan reaksinya adalah:
BOH(aq)           (aq) + (aq)





Dan tetapan ionisasi basanya () adalah:

[] + []
                              =   ─────────                           
                                         [BOH]
Semakin besar nilai tetapan ionisasi basanya, berarti semakin banyak ion  yang dihasilkan, dan semakin kuat basa tersebuT.
Harga tetapan ionisasi beberapa basa:
Basa
Rumus kimia
Amonia
1,8 x
Hidrazin
1,7 x
OH
Hidroksilamin
1,1 x

pH asam dan basa lemah dapat ditentukan jika konsentrasinya diketahui:
[] =  x  α =         
[] =  x α =
                            
3. Campuran asam dan asam
Campuran asam dan asam merupakan campuran yang memiliki ion yang sama sehingga tidak bereaksi. pH campuran tersebut dapat dihitung jika konsentrasinya diketahui
                                      [ + [
                             [ =      ─────────
                                                         +

4. Campuran basa dan basa
Campuran basa dan basa tidak bereaksi, pH campuran ini bisa dihitung jika konsentrasinya diketahui:

                                      [ + [
                             [ =      ─────────
                                                         +
5. Campuran asam kuat dan basa kuat
Ada 3 kemungkinan:
a.    Jika yang tersisa asam kuat, gunakan rumus berikut:
                               mmol  x valensi
[] =   ─────────────
                 

b.    Jika asam kuat dan basa kuat kedua – duanya habis bereaksi, maka:
                                        =  = 7

c.    Jika yang tersisa basa kuat, gunakan rumus berikut:

                               mmol  x valensi
[] =   ─────────────
                


E.     DATA HASIL PRAKTIKUM
1     Alat dan bahan
            a.    Alat :
1.     Kertas lakmus (merah dan biru)
2.    20 gelas aqua
3.    Parut
4.    Saring
           b.    Bahan :
1.     Buah – buahan (rambutan, pepaya, nanas, mentimun, dan kentang)
2.    Detergen: Boom
3.    Pasta gigi: kodomo
4.    Sabun: Lux
5.    Sampho: sunslik
6.    Molto


2    Langkah kerja
            a.    Kita kasil label 20 gelas aqua dengan nama bahan yang ada, setiap bahan ada 2 gelas aqua yaitu satu untuk kertas lakmus merah dan satu lagi untuk kertas lakmus biru.
           b.    Kita parut buah buahan, lalu disaring dan di ambil airnya untuk praktikum, sedangkan bahan yang tidak mengandung air ditambahkan sedikit air lalu dikocok.
1.      percobaan pertama (1): Buah rambutan
kita tuangkan air rambuta yang sudah disaring yang memiliki warna putih pada 2 gelas aqua yang sudah disediakan, kemudian kita celupkan  kertas lakmus warna merah pada gelas aqua yang berisi air rambutan, setelah itu kita melakukan pengamatan terhadapa kertas tersebut. Ternyata kertas lakmus tersebut tidak berwarna, sedangklanair rambutan yang dicelupkan kertas lakmus berwarna biru ternyata kertas tersebut berubah menjadi warna biru menjadi merah. Dari percobaan tersebut berarti air rambutan bersifat asam.
2.    Percobaan kedua (2): buah mentimun
Pertama kita tuanglan air mentimun yang sudah disaring dam memilki warna hijau pada 2 buah gelas aqua yang satu untuk kertas lakmus warna merah dan yang satu lagi untuk kertas lakmus berwarna biru, kemudian celupkan kertas lakmus berwarna merah pada gelas aqua yang berisi air mentimun. Ternyata kertas tersebut tidak berubah dengan demikian dapat kita ketahui air mentinun tersebut bersifat asam. Sedangkan kertas lakmus yang berwarna biru saat dicelupkan pada air mentimun ternyata kertas lakmus biru itu berubah menjadi merah. Hal itu menandakan bahwa air mentimun bersifat asam.



3.    Percobaan ketiga (3): buah pepaya
Pertama – tama kita tuangkan air pepaya yang sudah disediakan pada 2 gelas aqua kemudian kita celupkan kertas lakmus merah pada air pepaya yang berwrna oranye, ternyata setelah kita amati kertas tersebut tidak berubah. Kejadian itu membuktikan bahwa air pepaya bersifat asam. Sedangkan kertas lakmus biru saat dicelupkan pada air pepaya berubah menjadi warna merah. Perubahan dari biru menjadi merah menandakan bahwa air pepaya bersifat asam
4.    Percobaan  keempatr (4): buah kentang
Pertama kita  tuangkan air kentang yang berwarna coklat kehitaman pada 2 gelas aqua, kemudian kita celupkan kertas lakmus merah pada air kentang tersebut setelah kita amati ternyata kertas lakmus tidak berubah berarti air kentang bersifat asam. Sedangkan apda saat kertas lakmus biru dicelupkan pada air kentang ternyata kkertas tersebut berubah menjadi merah. Yang berarti asam.

5.    Percobaan  kelima (5): buah nanas
Pada percobaan ini kita lakukan seperti percobaan sebelumnya, kita tuangkan air nanas yang sudah disaring dan memiliki warna kuning pada 2 gelas aqua dan kita celupkan kertas lakmus merah pada air nanas. Setelah kita amati ternyata kertas tersebut tidak berubah, warna merah menandakan bahwa air tersebut bersifat asam.  Sedangkan kertas lakmus berwarna biru yang sudah dicelupkan pada air nanas ternyata berubah menjadi merah. Sudah jelas bahwa air nana bersifat asam
         
6.    Percobaan keenam (6): air molto
Setelah kita siapkan 2 buah gelas aqua, air molto yang berwarna pink, dan 2 kertas lakmus. Kemudian  langsung kita tuangkan air molto pada 2 gelas aqua. Setelah itu kita celupkan kertas lakmus merah pada air molto, ternyat kertas tersebut berwna biru, hal tersebut  menandakan bahwa air molto bersifat basa. Sedangkan kertas lakmus biru saat dicelupkan  pada air molto warnanya tidak berubah. Terbukti bahwa air molto tersebut bersifat basa.
7.    Percobaan keetujuh (7): air detergen (Boom)
Langkah awl untuk percobaan ini yaitu menyiapkan alat dan bahan untuk praktikum seperti detergen, 2 gelas aqua dan kertas lakmus merah dan biru. Langkah kedua yaitu kita tuangkan air ditergen yang berwarna putih pada 2 gelas aqua yang sudah disediakan, selanjutnya celupksn kertas lakmus warna merah pada air detergen tersebut, kemudian lakukan pengamatan setelah kita amati ternyata kertas tersebut berubah menjadi merah dengan demikian bahwa air detergen bersifat basa. Sedangkan kertas lakmus biru tidak berubah, berati sudah jelas bahwa air detergen bersifat basa.
8.    Percobaan ke delapan (8): air sabun (lux)
Untuk percobaan ini langsung kita tuangkan air sabun yang berwarna ungu pada gelas aqua yang sudah disediakan sebelumnya, kemudian kita celupkan kertas lakmus merah pada air sabun ternyata kertas lakmus tersebut berubah menjadi biru, perubahan dari biru ke merah berarti air sabun bersifat basa.  Sedangkan kertas lakmus berwarna biru tetap berwarna biru. Hal tersebut membuktikan bahwa air sabun bersifat basa.
9.    Percobaan kesembilan (9): air shampo (sunslik)
Setelah kita sediakan bahan percobaan ini, kita tuangkan air shampo yang berwarna hitam pada gelas aqua. Kemudian celupkan kertas lakmus merah apda air shampo. Ternyata kertas tersbut berubah menjadi biru, dari perubahan tersebut berarti air sampo bersifat basa. Sedangkan kertas lakmus berwarna biru saat dicelupkan tidak berubah. Berarti air shampo bersifat basa.
10. Percobaan kesepuluh (10): air pasta gigi (kodomo)
Pertama – tama kita siapkan 2 gelas aqua dan air kodomo. Kemudian tuangkan air kodomo pada 2 aqua gelas yang suda disediakan. Setelah itu kita celupkan kertas lakmus berwarna merah ternyata kertas tersebut berubah biru. Kejadian kertas lakmus merah menjadi biru berarti air kodomo bersifat basa. Bukti lain yaitu pada saat kertas lakmus berwarna biru dicelupkan ternyata tidak berubah.
F.     TANYA JAWAB
1.     Pertanyaan : Bagaimana perubahan kertas lakmus merah ketika dicelupkam ke dalam larutan asam dan basa?
Jawab :  ketika kertas lakmus merah dicelupkan pada larutan asam, kertas tersebut tidak berubah (tetap merah). Sedangkan ketika dicelupkan pada larutan basa, kertas tersebut berubah menjadi biru.
2.    Pertanyaan : bagaimana perubahan kertas lakmus biru ketika dicelupkan pada larutan asam dan basa?
Jawab : kertas tersebut tidak berubah (tetap biru) saat dicelupkan pada larutan basa. Tapi kertas tersebut berubah menjadi merah saat dicelupkan pada larutan asam.
3.    Pertanyaan : apa perbedaan asam, basa dan netral?
Jawab : asam yaitu senyawa yang melepaskan ion , untuk mengetahui asam yaitu apabila kertas lakmus biru dicelupkan pada suatu larutan kemudian berubah menjadi merah maka larutan tersebut adalah asam. Basa yaitu senyawa yang melepaskan , untuk mengetahui larutan basa yaitu apabila kita celupkan kertas lakmus merah apda suatu larutan kemudian kertas tersebut berubah menjadi biru maka larutan tersebut adalah basa. Sedangkan netral yaitu apabila kertas lakmus merah dan biru dicelupkan pada suatu larutan ternyata kertas tersebut berubah semua, maka hal tersebut disebut netral.
4.    Pertanyaan : Apa fungsi menggunakan kertas lakmus?
Jawab : untuk menentukan larutan yang bersifat sam dan basa.
5.    Kelompokkan hasil pengamatan
   Jawab: Tabel hasil percobaan
No.
Nama
Kertas lakmus
Larutan
Merah
Biru
Asam
Basa
1
Rambutan
Merah
Merah
Asam

2
Nanas
Merah
Merah
Asam

3
Mentimun
Merah
Merah
Asam

4
Pepaya
Merah
Merah
Asam

5
Kentang
Merah
Merah
Asam

6
Boom
Biru
Biru

Basa
7
Sunslik
Biru
Biru

Basa
8
Lux
Biru
Biru

Basa
9
Kodomo
Biru
Biru

Basa
10
molto
Biru
Biru

Basa




BAB 3
PENUTUP
A.     KESIMPULAN
Teori asam dan basa menurut Svante Arrheniu:
Menurut Arrhenius, asam merupakan zat yang jika dilarutkan dalam air menghasilkan ion . Adapun basa merupakan zat yang jika dilarutkan dalam air akan menghasilkan ion .
Teori asam basa menurut Bronsted -  Lowry:
Asam adalah donor proton (ion hidrogen).
Basa adalah akseptor proton (ion hidrogen

Teori asam basa menurut Lewis:
Asam yaitu senyawa yang menerima proton
Basa yaitu senyawa yang memberikan proton.

























DAFTAR PUSTAKA
Justina Sandri, Muchtaridi. 2007. KIMIA 2. Jakarta: Yudistira
Retnowati, Priscilla. 2006. SeribuPena KIMA. Jakarta: Erlangga.
E, Winarni. 2007. KIMIA. Jakarta: Satu Buku





















LAPORAN 
HASIL PRAKTIKUM
KIMIA
ASAM DAN BASA














 












KELOMPOK 3

SMA NEGERI 1 KETAPANG
TAHUN 2011-2012ANGGOTA: Farida
Amalia R.
Putri K.
Abd. Asiz
Ainol R.

7 comments:

 

Farida FR Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang