MANAJER SEBAGAI
PELAKSANA MANAJEMEN
Peran
manajer dala m manajemen
Manajer pada dasarnya adalah subjek dari kegiatan
manajemen. Artinya, namajer adalah orang yang melakukan dalam kegiatan
manajemen => individu yang bertanggung jawab secara langsung untuk
memastikan dalam sebuah organisasi dijalankan bersama para anggota dari
organisasi.
Tugas manajer yaitu memastikan bahwa keseluruhan tujuan
yang telah ditetapkan oleh organisasi dapat diwujudkan melalui rangkaian
kegiatan manajemen, baik yang bersifat fungsional maupun operasional.
Keahlian
– keahlian Manajemen
1. Keahlian
teknis (technical skills)
ð Keahlian
yang diperlukan untuk melakukan pekerjaan spesifik tertentu.
2. Keahlian
berkomunikasi dengan masyarakat (human
relation skills)
ð Keahlian
dalam memahami dan melakukan interaksi dengan berbagai jenis orang di
masyarakat.,
3. Keahlian
konseptual ( conceptual skills )
ð Keahlian
dalam berfikir secara abstrack, sistematis, termasuk di dalamnay mendiagnosa
dan menganalisis berbagai masalah dalam situasi yang berbeda-beda.
4. Keahlian
dalam pengambilan keputusan (decision making skills)
ð Keahlian
untuk mengidentifikasi masalah sekaligus menawarkan sebagai alternatif solusi
atas permasalahan yang dihadapi.
5. Keahlian
dalam mengelola waktu ( time management skills)
ð Keahlian
dalam memanfaatkan waktu secara efektif dan efisien.
1.
Manajemen tingkat puncak ( top management)
è terdiri atas kelompok yang relatif kecil, yang bertanggung jawab atas
manajemen keseluruhan dari organisasi. Yang biasanya terdiri dari
direktur utama, presiden direktur, atau wakil direktur. Keahlian yang
diperlukan yaitu dalam hal konseptual, komunikasi, pengambilan keputusan,
manajemen global, dan waaktu.
2.
Manajemen tingkat menengah (middle management)
è mencakup lebih dari satu tingkatan di dalam
organisasi. Manager menengah mengarahkan kegiatan manager lain, juga
mengarahkan kegiatan-kegiatan yang melaksanakan kebijakan organisasi. Biasanya
terdiri dari para manajer, kepala devisi, atau kepala cabang. Keahlian yang
diperlukan yaitu keahlian konseptual, komunikasi, pengambilan keputusan,
managemen waktu dan teknical.
3.
Manajemen tingkat pertama (first-line management)
è tingkatan yang paling rendah dalam suatu organisasi, dimana seorang
yang bertanggung jawab atas pekerjaan orang lain. Yang biasanya terdiri
dari para supervisi, ketua kelompok,dll. Keahlian yang diperlukan diantaranya
keahlian berkomunikasi, pengambilan keputusan, manajemen waktu dan teknical.
4.
Managemen non- managerial (non-managerial management)
ètingkatan yang
lebih rendah dari tingkatan manajemen pertama, biasanya terdiri dari para
pekerja, buruh dll. Keahlian yang diperlukan antara lain keahlian teknical,
komunikasi, dan manajemen waktu.
0 comments:
Post a Comment