Saturday, September 21, 2013

MANAJER DALAM KEGIATAN MANAGEMENT

MANAJER SEBAGAI
PELAKSANA MANAJEMEN
Peran manajer dala m manajemen
          Manajer pada dasarnya adalah subjek dari kegiatan manajemen. Artinya, namajer adalah orang yang melakukan dalam kegiatan manajemen => individu yang bertanggung jawab secara langsung untuk memastikan dalam sebuah organisasi dijalankan bersama para anggota dari organisasi.
          Tugas manajer yaitu memastikan bahwa keseluruhan tujuan yang telah ditetapkan oleh organisasi dapat diwujudkan melalui rangkaian kegiatan manajemen, baik yang bersifat fungsional maupun operasional.
Keahlian – keahlian Manajemen
1.   Keahlian teknis (technical skills)
ð  Keahlian yang diperlukan untuk melakukan pekerjaan spesifik tertentu.
2.   Keahlian berkomunikasi  dengan masyarakat (human relation skills)
ð  Keahlian dalam memahami dan melakukan interaksi dengan berbagai jenis orang di masyarakat.,
3.   Keahlian konseptual ( conceptual skills )
ð  Keahlian dalam berfikir secara abstrack, sistematis, termasuk di dalamnay mendiagnosa dan menganalisis berbagai masalah dalam situasi yang berbeda-beda.
4.   Keahlian dalam pengambilan keputusan (decision making skills)
ð  Keahlian untuk mengidentifikasi masalah sekaligus menawarkan sebagai alternatif solusi atas permasalahan yang dihadapi.
5.   Keahlian dalam mengelola waktu ( time management skills)
ð  Keahlian dalam memanfaatkan waktu secara efektif dan efisien.
Tingkatan – tingkatan manajemen


1.   Manajemen tingkat puncak ( top management)
è terdiri atas kelompok yang relatif kecil, yang bertanggung jawab atas manajemen keseluruhan dari organisasi. Yang biasanya terdiri dari direktur utama, presiden direktur, atau wakil direktur. Keahlian yang diperlukan yaitu dalam hal konseptual, komunikasi, pengambilan keputusan, manajemen global, dan waaktu.
2.   Manajemen tingkat menengah (middle management)
è mencakup lebih dari satu tingkatan di dalam organisasi. Manager menengah mengarahkan kegiatan manager lain, juga mengarahkan kegiatan-kegiatan yang melaksanakan kebijakan organisasi. Biasanya terdiri dari para manajer, kepala devisi, atau kepala cabang. Keahlian yang diperlukan yaitu keahlian konseptual, komunikasi, pengambilan keputusan, managemen waktu dan teknical.
3.   Manajemen tingkat pertama (first-line management)
è tingkatan yang paling rendah dalam suatu organisasi, dimana seorang yang bertanggung jawab atas pekerjaan orang lain. Yang biasanya terdiri dari para supervisi, ketua kelompok,dll. Keahlian yang diperlukan diantaranya keahlian berkomunikasi, pengambilan keputusan, manajemen waktu dan teknical.
4.   Managemen non- managerial (non-managerial management)
ètingkatan yang lebih rendah dari tingkatan manajemen pertama, biasanya terdiri dari para pekerja, buruh dll. Keahlian yang diperlukan antara lain keahlian teknical, komunikasi, dan manajemen waktu.













0 comments:

Post a Comment

 

Farida FR Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang